Yogurt Muffin

Mengunjungi Little Gastronomy membuat saya sangat tertarik dengan resep-resepnya. Menarik ! Asia, namun ada perpaduan internasionalnya. Dan ini resep yang pertama saya coba : Yogurt Muffin. Saya membuat 1/2 resep dahulu, dan ternyata sukses, lembut sekali. Rasanya pun enak, rasa asamnya jadi aksen yang bagus untuk muffin. Saya pasti akan mencobanya lagi dengan buah-buahan yang lain🙂 .

~~~~~~~~~~

Yogurt Muffin resep dari Little Gastronomy

Bahan :
240g plain yogurt
150g aprikot kering/kismis/peach direndam, potong kecil (saya pakai aprikot, tidak direndam)
120g mentega tawar suhu ruang
100g gula palem
2 buah telur
200g tepung terigu
2sdt baking powder
1sdt baking soda
Sejumput garam

Cara Membuat :
1. Di mangkuk kecil, campur yogurt dan aprikot, sisihkan
2. Panaskan oven 180C dan siapkan loyang muffin
3. Di mangkuk yang lain, ayak tepung, baking powder, baking soda dan garam, sisihkan
4. Kocok mentega tawar dan gula palem bersama sampai ringan dan fluffy
5. Masukkan telur kocok pelan-pelan (saya mulai dengan kuning telur dahulu baru putihnya-adonan jadi ada airnya, saya tambah tepung)
6. Masukkan campuran yogurt dan aduk rata
7. Masukkan tepung perlahan-lahan dan aduk balik, hati-hati jangan mengaduk terlalu lama, tidak masalah bila adonan tidak terlalu rata atau tepung masih terlihat
8. Masukkan adonan kedalam cetakan, panggang selama 20-25 menit (saya 35 menit) atau sampai warnanya menjadi coklat keemasan

Catatan :
Muffin bisa disimpan di lemari es sampai 1 minggu, hangatkan terlebih dahulu sebelum di santap, wangi yogurtnya akan lebih terasa.

5 comments on “Yogurt Muffin

  1. seerika says:

    Kok gue gak mudeng ya gula palem itu apa. Bukan gula merah ya? Bisa ganti brown sugar ga ya?

    Oh iya, ini hasilnya jadi lembut banget ya, San? Zadi fenasaran

    • Susan says:

      ya betul brown sugar😀 disini aku ga nemu brown sugar soalnya, jadi pakai gula palem🙂
      hasilnya lembuuuuuuuttttttttttt banget ! masuk kulkas jadi keras, diangetin lagi lembut lagi😀

      • seerika says:

        Baru bikiiiiiiin…dan sudah melahap dua potong. Hasilnya memang lembuuuuuuut banget. Apa mungkin kelembutan kali ya punyaku ini? Soalnya pake saus peach & pear buat pengganti gula-nya biar aman dimakan Kai. Niatnya mau tambahin tepung eh, tapi malah lupa.

        Pas di oven mengembang besar bagaikan helm, tp pas dikeluarin kempes. Memang begitukah?

        Tapi kalo soal rasa sih jangan ditanya. Enaaaaakkk dan lembuuuuut

  2. Susan says:

    hehehe sip deh enak ya😀
    muffin yang kubuat sih ngembang tapi ga bagaikan helm😉 he3x jadi kempesnya ga terlalu drastis gitu ^^
    itu yang melahap 2 potong Kai apa emaknya ?😉

  3. otty says:

    Gara2 Rika gue pun penasaran! Langsung masuk antrian nih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s