Checklist untuk Autisme

Itulah M-CHAT ! Singkatan dari Modified Checklist for Autism in Toddlers.

Saya mengenal M-CHAT ketika saya cari info mengenai autisme. Untuk cek anak saya yang sangat suka main roda dan kipas angin (ada referensi yang menyebutkan ini adalah kesukaan anak dengan ‘bakat’ autisme). Apakah kesukaan ini adalah tanda dia memiliki autisme ? @drtiwi bilang lebih baik bawa ke klinik untuk di cek.

Sebelum cek ke @drtiwi google dulu deh… Coba dengan keyword bahasa Inggris. Keluarlah FirstSigns.org dengan file PDF instruksi penggunaan M-CHAT.

Situs ini menghubungkan saya ke info dari Diana L. Robins, Ph.D lebih jauh tentang M-CHAT bahkan download link untuk penilaian versi excel nya.🙂

Wow ! Ini yang saya cari !

Sangat mudah pemakaiannya. Saya sudah download file XLS nya, menjawab beberapa pertanyaan dengan memilih Yes/No tentang hal-hal umum dari anak saya yang ternyata menjawab apakah dia memiliki autisme atau tidak lebih dari sekedar benda kesukaannya.

Ini dia info yang valid dan jelas.

Bahkan M-CHAT sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Sayangnya Bahasa Indonesia belum ada.

Jadi, kalau Anda agak ragu dengan tumbuh kembang si kecil, bukalah link diatas, download M-CHAT, jawab pertanyaannya, bandingkan dengan kondisi si kecil. Bila ragu, hubungi dokter spesialis anak di klinik tumbuh kembang.

All the best for your babies…

Catatan : follow @justsilly di twitter dan cek wikipedia tentang autisme untuk apresiasi kepada para penyandang autisme dan keluarganya.

4 comments on “Checklist untuk Autisme

  1. otty says:

    OK, gue officially deg2an karena Nara doyan banget sama roda dan kipas angin.

    • Susan says:

      Ya karena kesukaan roda & kipas angin itu umum banget ya, tapi setelah cek di M-CHAT jadi lega rasanya😀
      Semoga hasil scoringnya baik, all the best for Nara🙂

  2. otty says:

    Alhamdulillah gpp setelah ngecek di M-CHAT🙂 Iya bener banget kesukaan sama roda & kipas angin itu umum. Nara bayi termasuk jarang nangis dan dulu salah satu sodara nyeletuk “ati2 autis” hhhiiiiihhh.

Leave a Reply

